Link Sumber : http://info-mini.blogspot.com/2012/04/cara-merubah-kursor-di-blog.html#ixzz1ssdX6lbl

Minggu, 22 April 2012

Jika Aku Sorang Kepala Sekolah Di Sma Negri 1 Bangkinang

Jika aku kepala sekolah, aku seperti pemimpin perang, ucapanku harus berpengaruh kepada sahabat-sahabat guru dan karyawan-karyawanku.Jika aku kepala sekolah, aku seperti artis, setiap personil di sekolahku harus senang bertemu dan menyapaku.
Jika aku kepala sekolah, aku seperti psikolog, aku harus mengetahui data detail tentang siapakah guru-guruku dan karyawanku.Jika aku kepala sekolah, aku seperti payung, aku akan sempatkan bersilaturahmi ke rumah guru-guruku dan karyawanku pada waktu senggang.
Jika aku kepala sekolah, aku seperti masinis kereta api,
yang setiap hari mengetahui posisi gerbong kereta apiku, apakah di setiap kelas pada setiap jam berjalan dengan baik.Jika aku kepala sekolah, aku seperti dokter, memahami kondisi guru-guruku, memberi obat bagi yang sakit dan memberikan apresiasi bagi yang sehat, terutama dalam mengajar.
Jika aku kepala sekolah, aku seperti petugas loket, aku harus punya cara bagaimana mempersilahkan orang-orang kebanyakan masuk rumah sekolahku untuk menjadi guru dan mana yang hanya boleh mengintip dari jendela saja.
Jika aku kepala sekolah, aku seperti sosok sekolah itu, terkadang bisa menjadi guru, karyawan TU, petugas keamanan dan office boy sekalipun.untuk itu ada beberapa macam sifat jika saya harus menjadi kepala sekolah di antaranya :
1. Bereskan Hal Kecil Lebih Dahulu
2. Instrumen Kepemimpinan
Instrumen pemimpin yang serbaguna adalah komunikasi. Saat memimpin tim, jadikan pedoman berikut ini sebagai standar untuk berkomunikasi dengan anak buah Anda:
Tetaplah Konsisten
Berkomunikasi dengan Jelas
Jagalak Kesopanan
 3. Kearifan
Kearifan adalah kemampuan menemukan akar masalah dan tergantung pada intuisi dan pikiran yang sehat serta rasional. Kearifan dibutuhkan untuk memaksimalkan efektivitas.
Temukan akar masalah
Tingkatkan kemampuan menyelesaikan akar masalah
Evaluasilah opsi Anda untuk memperoleh pengaruh maksimal
Gandakan peluang saya.

5. Karakter adalah Segalanya
6. Mengembangkan Orang Lain
8. Kekuatan untuk Tetap Fokus
9. Mengarah pada Tujuan  

0 komentar:

Posting Komentar