Link Sumber : http://info-mini.blogspot.com/2012/04/cara-merubah-kursor-di-blog.html#ixzz1ssdX6lbl

Senin, 23 April 2012

Jika Aku Seorang Guru Sma Negri 1 Bangkinang

Andaikan aku seorang guru sejarah…
saat mengajar budaya kuno yunani, alih2 menyuruh anak menghapal nama2 dewa aku akan mengajarkan bagaimana demokrasi lahir dan tumbuh di Athena..
ketika masyarakatnya bisa menghargai pendapat orang lain. Andaikan aku seorang guru ekonomi…
alih2 mengajarkan bahwa prinsip ekonomi adalah pencarian keuntungan setinggi-tingginya dengan pengorbanan sekecil2nya,
aku akan mengajarkan bahwa belajar ekonomi berarti bagaimana agar kita bisa sejahtera bersama2
Andaikan aku seorang guru bahasa…
alih2 menyuruh anak menghapal jenis2 sajak dan penataan rima,
aku akan menumbuhkan kecintaan berkarya dan apresiasi terhadap sastra agar anak didikku menghargai keindahan gagasan dan kemanusiaan yang tersirat dalam untaian kata serta cerita.
Andaikan aku seorang guru sosiologi…
alih2 menyuruh anak menghapal teori Auguste Comte dan teori2 interaksi sosial,

aku akan menyuruh mereka terjun ke desa2, mengamati fenomena sosial, dan mengambil kesimpulan langsung akan nilai2 luhur yang dianut disana.
Andaikan aku seorang guru fisika…
alih2 menyuruh anak menghapal berbagai rumus,
aku akan menanamkan pemahaman bahwa belajar fisika berarti memahami keindahan semesta dalam keteraturan dan keseimbangan gerak benda serta melatih pengambilan hipotesa saat anak didikku mengamati fenomena.
Andaikan aku seorang guru matematika…
alih2 menyuruh anak menghapal berbagai rumus geometri,
aku akan menanamkan pengertian bahwa esensi belajar matematika adalah berlatih menggunakan logika yang terstruktur dalam memecahkan pelbagai permasalahan kehidupan.
Andaikan aku seorang guru biologi…
alih2 menyuruh anak menghapal jenis2 sel dan sistem organ,
aku akan menanamkan pemahaman bahwa dalam tubuh manusia terkandung sistem koordinasi yang kompleks namun semua mengarah pada sebuah visi bersama.. inilah karunia tuhan yang maha kuasa dan kita bisa belajar banyak darinya.
Andaikan aku seorang guru geografi…
alih2 menyuruh anak menghapal nama2 tempat di belahan dunia,
aku akan menanamkan pemahaman bahwa manusia dengan berbagai keragamannya memiliki keunikan budaya dan nilai2 kearifan lokal. agar mereka bangga karena nusantara kita pun kaya akan berbagai budaya luhur sejak dulu kala….
(Tulisan ini adalah kritik.. tanpa sedikitpun mengurangi penghargaan dan kecintaan saya terhadap seluruh Guru yang telah berjuang dengan Ikhlas di Indonesia..)

0 komentar:

Posting Komentar